menu makanan sehat

Jenis Menu Makanan Sehat

Jenis Menu Makanan Sehat – Banyak orang yang tidak tau cara memilih menu makanan sehat, padahal ini baik untuk kesehatan. Anda pasti sering mendengar berbagai jenis menu makanan sehari-hari yang bisa dinikmati dan menyehatkan tubuh.

Namun bagi sebagian orang menganggap makanan sehat itu tidak baik. Meski banyak jenis menu makanan yang sehat dan enak, namun seringkali dilupakan untuk dikonsumsi. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk melindungi diri dari ancaman berbagai jenis penyakit.

 

 

Daftar  Menu Makanan Sehat

 

Mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi, tidak harus membatasi satu jenis atau beberapa jenis makanan saja. Namun, mengkonsumsi berbagai jenis makanan justru akan memberikan nutrisi yang berbeda dan melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita.

 

1. Salad buah

Selain salad sayuran, salad buah juga tidak kalah populer. Cara penyajiannya yang mudah dan rasanya yang enak, menjadikan salad buah sebagai menu diet paling nikmat. Pemilihan jenis buah dan dressing yang tepat meningkatkan manfaat salad buah, sehingga tidak hanya sehat untuk dimakan tetapi juga rasanya enak.
Selain diolah menjadi jus, buah-buahan kini populer dijadikan salad untuk mendapatkan manfaat mineral dan vitamin di dalamnya. Masih banyak yang meragukan dan menganggap buah kurang menyehatkan karena mengandung gula.

Semua jenis buah bermanfaat untuk kesehatan, namun ada beberapa jenis buah yang menonjol dibandingkan jenis buah lainnya. Beberapa jenis buah yang cocok untuk salad dan menyehatkan antara lain apel, alpukat, nanas, stroberi, mangga, jeruk, semangka, kiwi, pepaya, melon, anggur merah dan ungu.

 

 

2. Sop sayur

Sop sayur merupakan salah satu menu makanan yang bergizi karena terbuat dari berbagai jenis sayuran dan daging ayam atau sapi. Sayuran yang biasa digunakan untuk membuat sup antara lain kentang, wortel, brokoli, kembang kol, kubis, buncis, lobak, jamur, daun bawang dan seledri.

Anda juga bisa berkreasi mengganti daging ayam atau sapi menggunakan bakso ikan, tahu atau sapi.Dengan penambahan bahan-bahan tersebut, akan dihasilkan sup yang lebih enak. Cara membuat sop umumnya sama, hanya bahannya saja yang berbeda dan kesehatan harus diperhatikan.
Anda bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun untuk menumis bumbu, karena minyak zaitun banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dan kaya akan antioksidan sehingga sehat untuk jantung.

 

 

3. Smoothies

Smoothies yaitu minuman sehat dengan campuran buah dan sayuran dan cocok untuk dijadikan sebagai minuman diet sehat. Biasanya, minuman ini terbuat dari campuran berbagai macam buah dan sayuran untuk memperkaya rasa.

Cara mengolah minuman ini yaitu dengan memberikan sedikit air, karena Smoothies memang minuman kental karena kaya akan manfaat bagi tubuh.
Minuman sehat dari buah dan sayuran ini sangat cocok dikonsumsi untuk dijadikan teman makan bahkan kumpul-kumpul dengan teman. Minuman ini kaya akan vitamin dan juga serat dan minuman ini juga dapat dimasukkan ke dalam tumbler favoritmu, maka dapat dibawa ke tempat kerja.

 

 

4. Sandwich

Sandwich mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang lengkap. Selain mengandung karbohidrat yang cukup, kandungan lemaknya juga rendah. Jenis sayuran yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera, meskipun pada umumnya yang digunakan adalah selada.

Menu sandwich tidak memakan waktu lama untuk disiapkan dan sangat cocok untuk menu pagi hari, terutama bagi mereka yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan. Selain enak dan sehat, sandwich merupakan menu makanan yang praktis untuk dibawa ke kantor.