buah segar

Manfaat Besar Mengonsumsi Buah Segar

Manfaat Besar Mengonsumsi Buah Segar – Buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selain dapat memenuhi nutrisi yang kita butuhkan, buah juga dapat mencegah penyakit. Tak bisa dipungkiri, mengonsumsi buah menawarkan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh.

Buah kaya akan nutrisi yang dapat melengkapi kebutuhan sehari-hari agar kondisi tubuh tetap terjaga. Salah satu cara untuk menyeimbangkan kebutuhan nutrisi harian adalah dengan mencukupi asupan buah-buahan segar setiap hari.

 

 

Manfaat Mengonsumsi Buah Segar

 

Mengurangi risiko berbagai penyakit

Alasan perlunya makan buah setiap hari yang tidak boleh diabaikan adalah karena kebiasaan baik ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Mengkonsumsi buah secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

Keduanya berperan dalam menurunkan risiko penyakit jantung.
Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa makan buah seperti anggur, apel, dan blueberry telah terbukti mengurangi risiko diabetes. Sambil mengonsumsi buah jeruk, dapat memberikan manfaat mengurangi risiko penyakit batu ginjal.

 

 

Mencegah penyakit jantung

Manfaat makan buah terbukti baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Buah kaya akan vitamin C, karotenoid, dan flavonoid. Ketiganya merupakan antioksidan yang dapat mencegah penimbunan dan pengerasan kolesterol dan lemak pada pembuluh darah.
Kondisi ini diketahui memicu stroke. Buah-buahan juga merupakan sumber magnesium dan potasium yang membantu menjaga detak jantung tetap stabil.

 

 

Sumber asupan vitamin dan mineral

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral. Beberapa nutrisi penting dari buah-buahan antara lain folat, vitamin A, B, B1, B6, C, dan potasium. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah-buahan bervariasi.

Namun, semuanya memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh. Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah juga mengandung antioksidan. Zat ini penting untuk melawan radikal bebas dan menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima.

 

 

Menjaga berat badan

Kebiasaan memakan buah secara teratur sangat bermanfaat, terutama untuk menjaga berat badan. Kandungan serat pada buah-buahan diproses relatif lebih lama sehingga perut terasa kenyang lebih lama.

Hal ini dapat mengontrol nafsu makan sehingga asupan kalori harian Anda tetap terjaga. Meski umumnya berasa manis, mengonsumsi buah dalam porsi yang tepat tidak memicu lonjakan gula darah yang drastis, terutama buah dengan indeks glikemik rendah.

Kandungan polifenol dalam buah-buahan juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Artinya, tubuh dapat merespon insulin dengan baik. Sensitivitas insulin ini ditemukan untuk membantu menurunkan berat badan dan menetralisir racun dalam tubuh.

 

 

Pilihan diet sehat

Buah yang baik dikonsumsi secara teratur karena rendah lemak dan kalori. Asalkan tidak dikonsumsi dalam bentuk keripik, gorengan, atau jus buah dengan tambahan gula. Buah memiliki banyak serat dan kandungan air. Jadi makan buah bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dibandingkan asupan lainnya. Apel dan jeruk adalah contoh dua jenis buah yang membuat perut Anda tidak lapar.

 

 

Menjaga kesehatan tulang

Makan buah terbukti baik untuk menjaga kesehatan tulang. Beberapa buah merupakan sumber potasium yang baik. Mineral ini membantu menetralkan asam dalam tubuh yang dapat mengurangi kepadatan tulang. Selain itu, kalium menjaaga kadar kalsium dalam tulang sehingga kepadatannya tetap terjaga.

Mengsonsumsi buah memberikan banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Meski buah bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan ringan, manfaat buah paling baik jika dimakan utuh saat masih segar.