Jenis-Jenis Asuransi untuk Kebutuhanmu

Jenis-Jenis Asuransi untuk Kebutuhanmu

Jenis-Jenis Asuransi untuk Kebutuhanmu – Kata “Asuransi” tentu sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Meski kata “Asuransi” sudah populer, sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum memiliki asuransi.

Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pemahaman masyarakat Indonesia tentang asuransi dan penggunaannya masih rendah. Hal ini tercermin dari tingkat masuk atau kepemilikan asuransi bagi masyarakat Indonesia. Berdasarkan data OJK yang dikutip Bisnis Indonesia, Juli 2021, tingkat penetrasi asuransi pada 2019 mencapai 2,81%. Angka ini naik menjadi 2,92% pada 2020 dan 3,11% pada Juni 2021.

Keadaan ini disebabkan oleh kesalahpahaman masyarakat saat membeli asuransi dan proses pengajuan asuransi. Alasan lainnya adalah karena perbedaan jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Akibatnya, banyak orang, terutama yang baru mengenal asuransi, bingung memahami manfaat dari setiap polis asuransi yang ditawarkan.

Sebelum mendapatkan manfaat asuransi, mari kita pahami bersama tentang asuransi. Menurut situs OJK, asuransi adalah perjanjian antara penyedia jasa asuransi (seperti penanggung) dan masyarakat (seperti pemegang polis).

Hak dan kewajiban antara jasa asuransi dan pemegang polis diatur. Dimana pemegang polis berhak untuk dilindungi oleh ganti rugi atas kehilangan, kerusakan, dan kematian dari penyedia jasa asuransi. Namun, hak akan tersedia ketika pemegang polis menyanggupi untuk membayar premi kepada perusahaan asuransi.

 

Jenis-Jenis Asuransi untuk Kebutuhanmu

 

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang paling banyak diminati. Asuransi kesehatan menangani masalah kesehatan dan melindungi Anda secara finansial dari membayar biaya dari rencana perawatan hingga pemulihan Anda. Secara umum, jenis penyakit yang dapat ditanggung oleh asuransi ini antara lain cacat, sakit, dan kematian.

Memilih jenis polis yang akan diambil, Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan finansial Anda. Misalnya, jika Anda ingin membeli produk asuransi kesehatan, Anda dapat memilih produk asuransi kesehatan yang hanya mencakup rawat inap atau rawat jalan saja.

 

2. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini akan memberikan manfaat finansial jika terjadi kematian, sakit mendadak, atau cacat total atau sebagian karena kecelakaan atau sakit.

Sebelum memilih asuransi jiwa, pahami dulu sistem dan metode yang ditawarkan. Ada penyedia asuransi yang menggunakan sistem pembayaran post-mortem. Namun, ada juga yang mengizinkan Pemegang Polis untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.

 

3. Asuransi Investasi

Anda bisa mendapatkan asuransi sekaligus investasi yang disebut juga dengan asuransi unit link. Sesuai dengan namanya, asuransi unit link memberikan manfaat berupa proteksi dan capital gain dari investasi berdasarkan pilihan investasi yang tersedia.

Sesuai dengan namanya, asuransi unit link menawarkan dua manfaat, yaitu perlindungan dan keuntungan modal dari modal investasi. Oleh karena itu, dari total premi yang disetor oleh pemegang polis, sebagian dana dialokasikan untuk biaya proteksi dan sebagian lagi dialokasikan untuk investasi.

Asuransi unit link memberikan perlindungan berupa perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan dan penyakit kritis. Sedangkan nilai tunai yang terkandung dalam asuransi unit link nantinya dapat digunakan untuk membayar premi asuransi pada saat pemegang polis pensiun atau tidak memiliki penghasilan. Dengan demikian, Polis Asuransi tetap berlaku. Selain itu, nilai tunai dari asuransi unit bond dapat digunakan untuk tujuan keuangan lainnya.

 

4. Asuransi Pendidikan

Menyiapkan dana pendidikan sejak dini adalah cara untuk mengamankan masa depan anak Anda. Asuransi pendidikan merupakan salah satu pilihan yang memberikan manfaat perlindungan pendidikan.

Ada dua jenis asuransi pendidikan yang ditawarkan, yaitu asuransi endowmen dan asuransi unit link. Asuransi dwiguna merupakan kombinasi produk perlindungan jiwa yang dipadukan dengan instrumen pasar seperti deposito. Jenis asuransi ini akan menanggung biaya pendidikan anak jika orang tuanya meninggal mendadak atau menjadi cacat total sehingga tidak dapat lagi menghidupi dirinya sendiri.

Asuransi pendidikan unit link merupakan gabungan antara asuransi jiwa dan investasi. Keuntungan dari komponen investasi dibagi sesuai dengan tingkat pendidikan anak.

 

5. Asuransi Kecelakaan

Umumnya masyarakat tidak terlalu memperhatikan asuransi kecelakaan karena beranggapan bahwa perusahaan tempat mereka bekerja telah memberikan perlindungan terhadap kecelakaan kerja.

Tetapi cobalah untuk meninjau pekerjaan dan kondisi kerja Anda. Jika pekerjaan Anda termasuk dalam kategori risiko kecelakaan, sebaiknya Anda membeli produk asuransi kecelakaan. Hal ini karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, baik Anda sedang di jalan maupun di tempat kerja.

 

6. Asuransi Kendaraan

Mobil juga perlu dilindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan atau kerusakan. Manfaat membeli premi asuransi mobil adalah memberikan perlindungan dan rasa ketenangan finansial saat menghadapi risiko kerusakan mobil.

Selain itu, memiliki asuransi mobil juga membuat posisi nilai jual kembali mobil Anda lebih kompetitif.

 

7. Asuransi Hari Tua

Asuransi jiwa senior adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan dan jaminan kepada pemegang polis setelah mencapai usia pensiun. Tahun pensiun adalah saat Anda tidak lagi produktif dan tidak bisa lagi menghasilkan uang.

Dengan membeli asuransi lansia sejak dini, akan membantu Anda mempersiapkan dana pensiun untuk menghadapi hari tua, terutama jika Anda tidak menerima pensiun dari pekerjaan.

Lantas, apa perbedaan antara tabungan hari tua dan jaminan hari tua? Asuransi jiwa senior menawarkan lebih banyak manfaat daripada tabungan biasa. Anda dapat merencanakan masa pensiun Anda dengan asuransi hari tua. Dengan harga premium, Anda juga bisa memilih sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

 

8. Asuransi Korporasi

Asuransi bisnis adalah asuransi kelompok yang memberikan perlindungan kepada karyawan suatu organisasi. Perusahaan seringkali memberikan asuransi bisnis untuk mempertahankan karyawan sebagai aset penting bagi kelangsungan bisnis.

Ada berbagai manfaat yang ditawarkan oleh asuransi perusahaan. Beberapa jenis asuransi bisnis yang paling populer adalah asuransi jiwa kelompok dan asuransi kesehatan kelompok. Karena asuransi ini memberikan perlindungan kepada karyawan perusahaan atau korporasi, kepesertaan pemegang polis hanya berlaku selama ia menjadi karyawan perusahaan tersebut.