kunci jawaban

Landasan hukum yang berisi penegasan rumusan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara terdapat dalam?

Landasan hukum yang berisi penegasan rumusan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara terdapat dalam?

  1. Pembukaan UUD 1945
  2. Dekrit presiden 5 juli 1959
  3. Ketetapan MPR no IV/ MPR /1998
  4. Instruksi Presiden no.12 Tahun 1968
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: C. Ketetapan MPR no IV/ MPR /1998.

Dilansir dari Ensiklopedia, landasan hukum yang berisi penegasan rumusan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara terdapat dalam Ketetapan MPR no IV/ MPR /1998.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Pembukaan UUD 1945 adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Dekrit presiden 5 juli 1959 adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. Ketetapan MPR no IV/ MPR /1998 adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban D. Instruksi Presiden no.12 Tahun 1968 adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. Ketetapan MPR no IV/ MPR /1998.

Baca juga:  Komunikasi yang baik antara guru dan siswa, salah satunya, dapat terindikasi dari adanya proses tanya-jawab. Perhatikan cuplikan dialog tanya-jawab berikut:Pak Yono: “Anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang peta. Siapa yang sudah pernah menggunakan peta?”Budi: “Saya, Pak!”Pak Yono: “Bagus. Yang lain bagaimana?”Reni: “Saya juga sudah pernah, Pak!”Pak Yono: “Bagus sekali. Wah, sudah banyak ya yang pernah. Budi, pada saat kamu menggunakan peta, apakah kamu melihat legendanya?”Budi: “Tidak, Pak.”Pak Yono: “Tapi kamu sudah tahu belum apa itu legenda pada peta?”Budi: “…”Pak Yono: “Nah, tidak apa-apa. Hari ini kita akan mempelajari bagian-bagian pada peta. Salah satunya adalah legenda.”Terkait kualitas pada proses tanya-jawab di atas, ada beberapa poin evaluasi yang bisa dikembangkan:A. Guru perlu menggali lebih dalam informasi yang sudah diketahui siswa.B. Guru perlu menggunakan intonasi yang baik untuk menarik perhatian siswa.C. Guru perlu memulai tanya-jawab dengan bantuan media, seperti membawa langsung contoh peta.D. Guru perlu mengaitkan informasi yang sudah siswa ketahui dengan materi yang akan diajarkan.E. Guru perlu memberikan siswa waktu untuk menjawab pertanyaan guru.Poin evaluasi yang paling tepat untuk diberikan kepada Pak Yono adalah?

Baca Juga :  Satuan informasi terkecil yang dikenal dalam komunikasi data dibawah ini adalah

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.