Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Bergizi

Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Bergizi – Buka puasa adalah momen yang paling ditunggu-tunggu selama Ramadhan. Puasa sepanjang hari bisa membuat Anda mendambakan banyak makanan dan minuman saat berbuka.Gampang lepas kendali, tapi menu sarapan tetap harus dikontrol! Makan makanan dalam jumlah yang sangat besar dengan perut kosong sepanjang hari dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan. Baca juga : Olahan Ayam Sederhana untuk Sajian di Bulan Puasa

 

 

Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Bergizi

 

Kurma

kurma

Menu sarapan pertama adalah kurma. Tak heran kurma menjadi salah satu menu sarapan yang sehat dan bergizi. Setiap kurma mengandung campuran karbohidrat kompleks, serat dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan ini akan memberikan nutrisi yang seimbang bagi tubuh tanpa sama sekali berlebihan.

Selain itu, kurma juga mengandung glukosa sederhana yang akan meningkatkan kadar gula. Kadar gula ini dapat membantu mengembalikan energi yang telah dikeluarkan selama berpuasa.

 

 

Sup

sup

Berbagai jenis olahan sup bermanfaat untuk menu sarapan yang sehat dan bergizi. Sup mengandung campuran sayuran berserat tinggi dan cairan yang dapat mengembalikan elektrolit yang hilang.

Selain itu, sup bisa diolah dengan cara ini sesuai dengan bahan favorit Anda. Agar aman, Anda bisa menjadikan sup ayam kampung yang dibuat khusus ini sebagai contoh menu sarapan Anda. Sop ayam dari free range akan memberikan kandungan protein yang tinggi jika dipadukan dengan sayuran.

 

 

Tumis Sayuran

tumis sayuran

Jika ingin menu nasi untuk berbuka puasa, buatlah daftar sayuran tumis sebagai sumber protein. Sayuran tumis tidak hanya akan kehilangan serat dan nutrisinya, tetapi juga akan memiliki rasa yang lebih kaya pada saat yang bersamaan.

Anda dapat menambahkan sedikit ayam atau jamur ke dalam daftar ini. Sayuran tumis merupakan menu buka puasa sehat dan bergizi yang kaya akan serat dan protein.

 

 

Puding Buah

puding buah

Ada alasan mengapa puding buah sering digunakan sebagai makanan buka puasa atau takjil. Aneka buah-buahan menjadi menu sarapan yang sehat dan bergizi karena dapat memberikan nutrisi yang sehat seperti vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

Untuk menambah rasa, Anda bisa memberikan sedikit pemanis yang tentunya perlu dibatasi. Sebagian besar buah sudah memiliki pemanis alami sehingga tidak memerlukan tambahan lagi. Anda bisa menyajikannya sebagai puding atau dengan tambahan es batu.

 

 

Pecel Sayur

pecel sayur

Pecel sayur identik dengan sayuran yang dibumbui oleh kacang. Bahan-bahan yang ada pada pecel sayur benar-benar bermanfaat untuk tubuh dan meningkatkan kesehatan. Vitamin yang ada pada sayuran dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan antioksidan baik bagi tubuh. Oleh karena itu menu ini harus anda buat untuk buka puasa bersama keluarga.

 

penutup:

Itulah daftar Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Bergizi yang bisa moms coba untuk di sajikan saat berbuka puasa, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.