Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan – Hidup di negara tropis memiliki banyak keuntungan bagi kita karena kekayaan alamnya. Banyak sekali buah-buahan bergizi yang bisa kita konsumsi, mulai dari pepaya dan nanas hingga kelapa. Banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari air kelapa jika kita meminumnya secara teratur tanpa menambahkan gula.

Air kelapa mengandung elektrolit yang mirip dengan cairan dalam tubuh kita. Tak heran air kelapa disebut isotonik alami. Hidrasi tubuh yang baik akan membawa banyak manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat air kelapa untuk tubuh kita.

 

 

Inilah Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

 

Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi dalam tubuh ditandai dengan beberapa gejala, seperti bibir kering, lemas, dan urine berwarna oranye gelap. Jika dibiarkan, dehidrasi dapat menyebabkan episode gagal ginjal. Dua penyebab utama kekeringan umumnya adalah pergerakan ekstrim cuaca panas, yang khas di iklim panas.

Salah satu manfaat air kelapa adalah untuk mencegah dehidrasi ringan. Air kelapa mengandung empat jenis elektrolit, yaitu kalium, natrium, magnesium, dan kalsium. Sebagai pembersih isotonik alami, air kelapa dapat memenuhi kebutuhan natrium yang terbuang melalui keringat atau urin.

 

 

Menstabilkan tekanan darah

pottasium sebagai salah satu jenis elektrolit dalam air kelapa juga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu juga, potasium meningkatkan fungsi jantung dan otot. Kandungan potasium dalam air kelapa dapat membuat pembuluh darah lebih lentur sehingga peredaran darah menjadi lancar.

Namun, untuk hipertensi berat, pengobatan tentu saja tidak cukup dengan penggunaan air kelapa saja. Sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter.

 

 

Untuk Mengontrol Gula Darah

Kandungan arginin, adalah salah satu asam amino dalam air kelapa, dapat meningkatkan fungsi pankreas. Pankreas kemudian memproduksi hormon insulin pada tingkat normal yang dapat menstabilkan kadar gula darah.

Selain itu, air kelapa kaya akan serat dan rendah kalori. Hal ini sering menjadikannya sebagai pilihan diet. Namun, untuk menjaga kadar kalori, cobalah minum air kelapa murni tanpa bahan tambahan.

 

 

Mencegah beragam jenis kanker

Manfaat air kelapa yang terakhir  adalah pencegahan kanker. Menurut buku Protocols of Plant Hormones karya Gregory Tucker dan Jeremy Roberts dari University of Nottingham, beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan air kelapa adalah kanker paru-paru, tenggorokan dan mulut. Air kelapa juga banyak dipercaya dapat mengurangi kemungkinan stroke.

Namun, konsumsi air kelapa dengan jumlah yang sangat banyak dan sering diperhatikan. Kandungan kalium dalam air kelapa jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gangguan jantung. Kebutuhan kalium untuk orang dewasa adalah 4700 mg per hari. Sedangkan kelapa mengandung kurang lebih 250 mg potasium.

 

Penutup :

Dengan demikian, itulah Empat manfaat air kelapa secara umum bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin dalam jumlah yang cukup. Kabar baiknya, ada banyak penjual air kelapa murni di Indonesia, mulai dari supermarket hingga kios. yu mulailah hidup sehat dengan meminum air kelapa